Langsung ke konten utama

Unggulan

Latihan Nulis

Malam ini aku duduk di bangku 5E kereta Kutojaya Selatan menuju Kutoarjo. Dalam rangka pulang menuju Jogja ini tetiba muncul notif di Hpku kalau ternyata esaiku mendapatkan juara 2. Benar saja setelah kupantau instagram ternyata betul 😊 Alhamdulillah. Tapi sejatinya, dalam proses pengerjaan esaiku ini pun tidak seluruhnya adalah murni dariku. Let me explain, jadi esaiku berjudul Inovasi Penanganan Sampah di Kota Bandung Pasca Tutupnya TPA Sarimukti. Ide dari esai tersebut adalah bagaimana sih cara menangani sampah yang sudah menggunung di kota bandung. Ide ini terbesit ketika tahun lalu sekitar November – Desember 2022 aku menjadi pengajar tambahan di prodi Teknik Lingkungan Itenas. Disana aku ngajar cara mendesain bentuk TPA (Tempat Pembuangan Akhir Sampah) yang ideal seperti apa. Walaupun secara teoritis aku bahkan tidak tau gimana kriterianya maupun syarat-syarat pembuatan TPA, tapi tetap kupaksakan untuk bisa menjadi pengajar disana. Dan alhamdulillah setelah beberapa kali bertuk

Let the system work..

Dinginnya Minggu malam ini tak mengurangi niatku untuk nyuci baju. Ya iyalah besok udah berangkat kerja lagi. Lebih ke mau gakmau harus dicuci sih ini, hahaha… Resiko jadi perantau tu ya gini, nyuci sendiri, masak sendiri, tidur sendiri. Tidur bisa sih minta temenin, cuman harus bayar aja ( re: jajan ). Enggak, aku gak boleh nakal. Anak baik ndak boleh nakal yaa…

Kembali ke nyuci tadi. Emang sih ada tuntutan biar besok nyantai waktu berangkat kerja, tapi memang sudah terbiasa kok nyuci di malam hari. Bahkan habis kerja capek gitu. Bukan gimana ya, risih aja kayak ada beban di kemudian hari kalau cucian itu gak dikerjain malam ini. Nanti mau nyantai gak enak, tidur kepikiran. Susah deh. Makanya ya kerjain aja.

Masukin baju kotor ke ember, kasih air sampai semua pakaian kerendam air, kasih deh sabun yang itu tu yang nanti kalo dimasukkin tinggal ditunggu sejam. Deterjen apa itu lah namanya.. Habis itu ditinggal mandi aja, paling kelar mandi juga udah sejam berlalu. Jadi emang mending sebelum mandi kasih sabunnya, biar keluar tinggal lanjut nyuci.

Gitu juga waktu jemur. Aku nggak langsung tidur. Langsung aja aku jemur malem ini, habis itu baru tidur. Nanti kalau hujan gimana ? gakpapa, orang masih basah juga. Yang penting besok pagi udah terang aja udah syukur. Yang penting dijemur dulu baru tidur. Aku mah gitu orangnya, kerjain dulu baru nyantai lalu tinggal let the system work..

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer