Langsung ke konten utama

Unggulan

Latihan Nulis

Malam ini aku duduk di bangku 5E kereta Kutojaya Selatan menuju Kutoarjo. Dalam rangka pulang menuju Jogja ini tetiba muncul notif di Hpku kalau ternyata esaiku mendapatkan juara 2. Benar saja setelah kupantau instagram ternyata betul 😊 Alhamdulillah. Tapi sejatinya, dalam proses pengerjaan esaiku ini pun tidak seluruhnya adalah murni dariku. Let me explain, jadi esaiku berjudul Inovasi Penanganan Sampah di Kota Bandung Pasca Tutupnya TPA Sarimukti. Ide dari esai tersebut adalah bagaimana sih cara menangani sampah yang sudah menggunung di kota bandung. Ide ini terbesit ketika tahun lalu sekitar November – Desember 2022 aku menjadi pengajar tambahan di prodi Teknik Lingkungan Itenas. Disana aku ngajar cara mendesain bentuk TPA (Tempat Pembuangan Akhir Sampah) yang ideal seperti apa. Walaupun secara teoritis aku bahkan tidak tau gimana kriterianya maupun syarat-syarat pembuatan TPA, tapi tetap kupaksakan untuk bisa menjadi pengajar disana. Dan alhamdulillah setelah beberapa kali bertuk

FORMASI STRATIGRAFI


Belum di update !
Sebuah formasi geologi atau pembentukan adalah unit fundamental dari lithostratigraphy . Pembentukan terdiri dari sejumlah batuan strata yang memiliki sebanding litologi , fasies atau properti sejenis lainnya. Formasi tidak didefinisikan pada ketebalan dari lapisan-lapisan batuan mereka terdiri dari dan ketebalan formasi yang berbeda karena itu bisa sangat bervariasi.
        Konsep lapisan atau strata didefinisikan secara formal merupakan pusat disiplin geologi stratigrafi . Sebuah formasi dapat dibagi menjadi anggota dan diri mereka dikelompokkan bersama dalam kelompok

         Kegunaan dari formasi
Formasi memungkinkan ahli geologi untuk mengkorelasikan lapisan geologi melintasi jarak yang lebar antara singkapan dan eksposur batu strata .
          Formasi awalnya digambarkan menjadi penting waktu geologi spidol berdasarkan usia relatif dan hukum superposisi . Pembagian dari skala waktu geologi adalah formasi dijelaskan dan dimasukkan ke dalam urutan kronologis oleh ahli geologi dan stratigraphers dari abad 17 dan 18.
          Revisi modern dari ilmu geologi telah membatasi satuan batuan Formasi untuk, karena unit litologi yang dibentuk oleh lingkungan pengendapan , beberapa yang dapat bertahan selama ratusan juta tahun dan akan melanggar interval chronostratigraphic atau fosil berbasis metode korelasi batuanSebagai contoh, Basin Hammersley adalah Proterozoikum cekungan sedimen dimana sampai 1200 juta tahun sedimentasi yang diawetkan dalam stratigrafi sedimen utuh, dengan sampai 300 juta tahun diwakili oleh satu litologi unit pembentukan besi banded dan shale.
Formasi geologi biasanya batuan sedimen lapisan, tetapi juga dapat batuan metamorf dan vulkanik mengalir. Batuan intrusi beku umumnya tidak dibagi ke dalam Formasi.


 Formasi adalah unit lithostratigraphic hanya formal di mana kolom stratigrafi mana-mana harus benar-benar dibagi berdasarkan litologi.
          Kontras dalam litologi antara formasi yang dibutuhkan untuk membenarkan pendirian mereka bervariasi dengan kompleksitas geologi wilayah dan detail yang diperlukan untuk pemetaan geologi dan untuk bekerja di luar sejarah geologi nya.
           Formasi harus mampu menjadi digambarkan pada skala pemetaan geologi dipraktekkan di wilayah tersebut. Ketebalan formasi dapat berkisar dari kurang dari satu meter untuk beberapa ribu meter.
Formasi geologi yang biasanya bernama untuk wilayah geografis di mana mereka pertama kali dijelaskan.
           Strictly, formasi tidak dapat didefinisikan pada kriteria lain kecuali litologi utama. Namun, sering kali berguna untuk mendefinisikan unit Biostratigraphic berdasarkan paleontologis kriteria, unit Chronostratigraphic berdasarkan usia batu, dan unit Chemostratigraphic berdasarkan kriteria geokimia.
Urutan stratigrafi adalah sebuah konsep yang menantang gagasan unit lithostratigraphic ketat oleh mendefinisikan unit didasarkan pada peristiwa di cekungan sedimen seperti kelautan regresi dan pelanggaran . Urutan ini adalah kombinasi dari unit chronostratigraphic, dihubungkan oleh waktu, dan lingkungan pengendapan dihubungkan oleh peristiwa geologi yang terjadi pada waktu itu, terlepas dari ukuran butir sedimen.
"Pembentukan" istilah informal sering digunakan untuk merujuk ke pengelompokan tertentu batu, seperti yang ditemui dalam kisaran kedalaman tertentu dalam sebuah sumur minyak.
Pengertian lain dari istilah
"Formasi" juga digunakan secara informal untuk menggambarkan bentuk kadang-kadang aneh (bentuk) yang memperoleh batuan melalui proses erosi atau pengendapan. Formasi seperti dikatakan ditinggalkan ketika tidak lagi dipengaruhi oleh agen geologi yang dihasilkan itu. Beberapa terkenal termasuk formasi gua stalaktit dan stalagmit .

Komentar

Postingan Populer