Langsung ke konten utama

Unggulan

Latihan Nulis

Malam ini aku duduk di bangku 5E kereta Kutojaya Selatan menuju Kutoarjo. Dalam rangka pulang menuju Jogja ini tetiba muncul notif di Hpku kalau ternyata esaiku mendapatkan juara 2. Benar saja setelah kupantau instagram ternyata betul 😊 Alhamdulillah. Tapi sejatinya, dalam proses pengerjaan esaiku ini pun tidak seluruhnya adalah murni dariku. Let me explain, jadi esaiku berjudul Inovasi Penanganan Sampah di Kota Bandung Pasca Tutupnya TPA Sarimukti. Ide dari esai tersebut adalah bagaimana sih cara menangani sampah yang sudah menggunung di kota bandung. Ide ini terbesit ketika tahun lalu sekitar November – Desember 2022 aku menjadi pengajar tambahan di prodi Teknik Lingkungan Itenas. Disana aku ngajar cara mendesain bentuk TPA (Tempat Pembuangan Akhir Sampah) yang ideal seperti apa. Walaupun secara teoritis aku bahkan tidak tau gimana kriterianya maupun syarat-syarat pembuatan TPA, tapi tetap kupaksakan untuk bisa menjadi pengajar disana. Dan alhamdulillah setelah beberapa kali bertuk

Kenapa Betadine ?

 “Mas, kamu kira aku Betadine.. Dibutuhin pas kamu terluka aja ?“

Pertanyaan klise bernuansa skeptic yang aku temu dari dp seseorang di kontak bbmku. Aku temu, bukan aku dapet. Kadang orang galau bisa jadi melankolis. Bahkan seringkali.
Anyway kenapa Betadine. Karena memang pasti buat ditetesin ke luka yang baru aja didapet.

…..



Sayangnya aku belum pernah dapet kata-kata seperti itu dari cewek. Kalaupun dapet, aku pastikan kamu salah besar.

Setiap habis terluka, aku langsung siram air bersih. Jarang aku kasih Betadine. Kalau sehari semalam belum sembuh baru aku kasih obat, entah betadine atau refanol atau apalah itu nama obatnya.

Aku selalu berusaha memperbaiki dari dalam, dengan kesucian dan kebeningan ibadah. Karena memang mawas diri ketika terluka itu lebih penting untuk kedepannya.  Jangan menyalahkan orang, salahkan diri sendiri terlebih dahulu. Itu lebih aman dan lebih bermanfaat untuk diri sendiri.

Baru semisal kita kekurangan semangat ataupun belum bisa menyembuhkan luka dengan diri sendiri, minta bantuanlah oleh orang lain.

Jika kamu bisa penyembuhan sendiri. Jadi, kenapa betadine ?

Note : Blogpost ini bukan media sponsor suatu produk.

Komentar

Postingan Populer