Langsung ke konten utama

Unggulan

Latihan Nulis

Malam ini aku duduk di bangku 5E kereta Kutojaya Selatan menuju Kutoarjo. Dalam rangka pulang menuju Jogja ini tetiba muncul notif di Hpku kalau ternyata esaiku mendapatkan juara 2. Benar saja setelah kupantau instagram ternyata betul 😊 Alhamdulillah. Tapi sejatinya, dalam proses pengerjaan esaiku ini pun tidak seluruhnya adalah murni dariku. Let me explain, jadi esaiku berjudul Inovasi Penanganan Sampah di Kota Bandung Pasca Tutupnya TPA Sarimukti. Ide dari esai tersebut adalah bagaimana sih cara menangani sampah yang sudah menggunung di kota bandung. Ide ini terbesit ketika tahun lalu sekitar November – Desember 2022 aku menjadi pengajar tambahan di prodi Teknik Lingkungan Itenas. Disana aku ngajar cara mendesain bentuk TPA (Tempat Pembuangan Akhir Sampah) yang ideal seperti apa. Walaupun secara teoritis aku bahkan tidak tau gimana kriterianya maupun syarat-syarat pembuatan TPA, tapi tetap kupaksakan untuk bisa menjadi pengajar disana. Dan alhamdulillah setelah beberapa kali bertuk

Pre dan Post UN 2014




21 April 2014

                Sebenernya agak telat saya membuat ini, semuanya akan saya jlentreh-kan disini.
UN 2014.
#UN-TIME
Hari Jum’at 11 April 2014 berkenaan 2 tahun saya (jika masih) jadian dengan P. Maka dari itu saya melakukan hal yang diluar kata wajar (menurut saya). Di hari Jum’at ini juga saya (sedikit) membereskan urusan dengan cewek saya. Di hari itu saya mengembalikkan benda ke mantan saya dengan harapan dapat melepasnya sepenuh hati, demi mendapat kebahagiaan baru di rumah baru saya ;) .
Agaknya saya malah kecewa setelah bercakap-cakap dengannya, yang dapat saya simpulkan… Dia masih labil !
Aku yang karena sudah gelap mata mau ujian makanya aku nurut semau omongan dia aja waktu itu. Aku pulang bersih-bersih lalu istirahat.
Sabtu 12 April 2014, setelah dibom sms sama temen SMP-ku buat dateng ke SMP minta do’a restu akupun pergi ke SMP. Di SMP seperti biasa, saya ketipu.. Di sms udah banyak orang, ternyata sedikit yang dateng .. Bahkan, kelasku awalnya cuma aku yang cowok. Setelah nunggu beberapa menit di samping sekolah akhrnya kita pun masuk, langsung ke ruang BK, ruang guru sembari menyalami dan meminta do’a restu dari bapak dan ibu guru. Setelah muter aku masuk ke mantan kelasku, kelas 9D. Ya, banyak sekali kenanganku disana, dari yang menyenangkan, menyedihkan, memalukan, serta kejahatanku dulu tersimpan disana. Sungguh memaksa memori untuk mengingat masa lalu yang compang-camping.
Selesainya kami makan di SS, sambil ngobrol mau nerusin kemana ? ngapain ? gimana mau ketemu lagi nggak ? sekolah udah bayar lunas belum ? …… yang terakhir enggak deng -_- , akhirnya kami pulang. Eh, maaf tadi pake “saya” sekarang pake “aku”. Aku pulang langsung bikin rencana malem nanti dan besok Minggu-nya. Akhirnya saya putuskan untuk ngerjain semua buku terakhir buat latihan UN, dari B.Indo, B.Ing, lalu MTK. Aku hanya mastiin soal yang terakhir aku kerjain hanya soal UN !
Meskipun malem minggu itu aku habisin buat ngerjain MTK (yang notabene ada 10 paket), aku gak kesepian soalnya ada bola juga di TV. Sampai pagi kukerjakan sampai selesai ;) , aku pikir aku bakalan bangun siang, ternyata tidak.
Minggu 13 April 2014, aku nggak bangun siang karena ternyata. Aku takut karena sudah dekat dengan UN. Itulah alasan saya takut, berarti memang aku bukannya lelah tapi emang susah tidur. Aku yang menyadari itu langsung melakukan banyak hal supaya aku bisa jadi normal seperti biasanya. Alhamdulillah bisa …. Malamnya aku dapet sms dari cewekku, intinya kasih aku semangat. Dan terima kasih ya ;) … Bukan cuma dia, aku juga sms seluruh nomer guruku yang ada di HP’ku buat minta do’a restu. Dan Alhamdulillah semuanya bales ;) .
It’s the time guys !
Senin 14 April 2014, aku yang udah terbiasa bangun sebelum subuh bangun jam segitu aku tidak kaget. Tahajjud, Subuh, Do’a, Baca Al Qur’an dan lain-lain aku lakukan supaya aku tenang.
Jadwal UN
Berangkat lebih pagi karena menurutku temen-temen juga kayak gitu, aku sampai di sekolah jam 6.15. Dan itu sungguh sepi, tapi okay.. Aku yang emang belum sarapan, aku langsung ke masjid sarapan dulu lalu Dhuha. Hingga selesai itu aku balik ke ruang-ku ternyata masih belum ada yang dateng kecuali aku. Akhirnya aku nungguin mereka, lalu waktu berlalu seiring teman-temanku datang pengawas datang … Ujian pun dimulai, seperti penjajakan/latihan sebelumnya prosedurnya. Hanya ini level NEGARA. Okay, kami pun mengerjakan dengan khidmat. Dan Alhamdulillah, aku dapat mengerjakan semua dengan lancar. Menurutku ini awal yang baik, dan sekarang tinggal kepercayaan dan ketelitianku yang menentukan. Selesai pun kami tenang sekali, dan takada yang mau membahasnya karena dipikir ini sudah yang terakhir. Dibahas pun tak bisa mengubah jawaban yang tadi misal salah.
Selesainya aku telpon cewekku, dan dia ternyata juga baru mau pergi kerumah pak guru buat responsi/ujian kejuruan. Dia nyemangatin dan ngucapin selamat buat yang tadi, aku bahagia ;) . Aku tidak langsung pulang tetapi main dulu kerumah Rifqi, buat nge-game sebentar sama Rizki+Ari. Akhirnya kita pulang.
Selasa, 15 April 2014. Hari itu mapelnya MTK. This is the show time ! Nah, hari ini awalannya dan akhirannya hampir sama kayak hari Senin kemarin. Disini waktunya hasil yang kutunjukkan, di mapel yang sedari dulu aku bangga-banggakan. Yang berbeda hari ini, telponku gak diangkat.. dan aku nggak main kerumah temenku, karena hari besoknya ada 2 mapel.
Rabu, 16 April 2014. Ini hari terakhir UN 2014. Di pikiran seluruh orang di angkatanku adalah, apapun yang terjadi nanti.. Ambil hikmah terbaik, UJIAN NASIONAL sudah selesai ;) . Tapi itu tak mengendorkan semangatku, dan ternyata benar. Soal B.ing  sangat sangat luar biasa menguras otak. Apalagi sesi Listening ! cukup ! . Kejuruan mulus sih, cuma ada aja yang bikin ragu karena lupa.
Selesainya kami melepas semua kartu ujian kami … Kami bahagia bersama-sama. Dan disaat yang sama, Ihwan teman kami ulang tahun. Lalu kami memasukkannya ke bak tengah rutor dan itu sangat memorable ;) . terima kasih Tuhan untuk hari-hari ini ;) .
Temanku banyak yang naik gunung, tapi aku memilih tinggal. Sebenarnya alasan yang lebih tepat bukan “rumahku gakada yang jaga” melainkan “aku harus ngiri total”. Maaf temen-temen, kalo memang kalian mau menggunakan waktu kalian buat bepergian. Aku belum bisa ;) . Kalo ditanya kecewa nggak, jelas kecewa ;) .. tapi keadaan menuntutku buat kayak gini.
Kamis, 17 April 2014. Kusengaja buat gak berangkat ke sekolah karena emang menurutku layak bagi kami yang setelah ujian ini untuk beristirahat sejenak di rumah. Dan benar saja, aku full istirahat dirumah. Dan kembali ke kebiasaan lamaku, yaitu “Blogging and Jogging”. Sorenya ada adik kelas (Farah cs) dateng kerumah mau pinjem peta, waktu itu juga aku dikasih tau kalo mereka mau ke Bayat esok harinya. Akupun bilang sama mereka sekaligus nawarin mau nemenin ketempat itu, tapi juga harus izin sama pak guru. Dan setelah mendapat izin, akupun bersiap untuk besok paginya kesana.
Jum’at, 18 April 2014. Sesuai rencana, kami berangkat ke Bayat. Tugasku disini menemani. Jadi kuajarkan semua yang ada di kepalaku ke adik-adik kelas yang ikut. Kami lalui hari dengan semangat, hehe.. bingungnya waktu mau Jum’atan, soalnya aku juga belum pernah Jum’atan disana. Setelah dapet tempat shalat, kami menunaikan ibadah. Sesudah itu istirahat lalu ke daerah selanjutnya buat cari Garnet. Aku merasa bangga karena mereka bisa langsung dapet garnet padahal baru pertama praktek. Aku dulu bisa dapat garnet setelah kesana berkali-kali. Di puncak gunung itu aku nungguin mereka yang pada nyari, walaupun ada juga yang kecapekan jadi nggak ikut nyari. Nah, disitu juga ada dek Farah. Aku pun curhat tentang ini itu, dan itu sangat membantuku. Terima kasih ya dek ;) .
Sabtu, 19 April 2014. Kok aku lupa ya hari Sabtu ini aku ngapain… Mungkin aku juga cuma istirahat dirumah hari Sabtu ini. Ntar deh aku abdet lagi ya kalo udah inget.
@Bayat
Minggu, 20 April 2014. Hari ini bertepatan dengan Hari Paskah (menghormati agama lain). Hari ini juga aku diminta adik kelas nemenin ke Bayat lagi. Walaupun sekarang beda kelas yaitu kelasnya Iwan. Agak menyebalkan soalnya mereka kesiangan kesana, bayangin aja mereka sampe sana jam 12-an. Oh iya, aku minta bantuan Topex.. Soalnya aku pikir bakal capek kalo aku sendirian. Agak berbeda dengan kelas sebelumnya, karena memang kesiangan makanya aku kurangin tempat yang mudah dijangkau. Dan juga mereka agaknya kesulitan mencari garnet. Karena memang yang dengerin penjelasanku waktu sampai disana juga sedikit. Tapi ya Alhamdulillah, kami bisa pulang dengan senang dan selamat. Aku nggaktau kenapa hari ini cewekku gak ikut.
Senin, 21 April 2014. Happy Kartini Day ! Hari ini adalah hari senin yang notabene ada pelajaran jurusan, makanya aku berangkat ke sekolah. Kami dapat materi tentang pemoran Deep Well Drilling. Besok ya aku abdet materinya. Selesainya aku main bola sebentar sama temen-temenku. Habis itu aku sama Aziz ngerjain perpetaan buat besok paginya. Dan cewekku tiba-tiba masuk (ke kelas tempat aku ngerjain) sama temen kelompoknya buat ngerjain tugas praktek. Lalu aku di-sms sama penjual tiket pagelaran buat besok Minggu 27 April 2014. Akupun beli tiketnya 2, lalu aku kasih ke cewekku tanpa ngomong apapun. Habis itu aku shalat sama Aziz, lalu waktu mau pulang aku ditanyain sama mereka. Mereka Tanya gini gitu gini gitu… Akupun menjawab satu-satu, dan nggak lupa kasih nasihat sama mereka. Setelah itu terjadi lagi hal yang kuinginkan… Cewekku…… Ah sudahlah.
Okay, sampai disini dulu ya ;) .. itu tadi adalah Pra dan Post UN 2014-ku. Terima kasih, silakan sumbang saran ~

Komentar

Postingan Populer