Langsung ke konten utama

Unggulan

Latihan Nulis

Malam ini aku duduk di bangku 5E kereta Kutojaya Selatan menuju Kutoarjo. Dalam rangka pulang menuju Jogja ini tetiba muncul notif di Hpku kalau ternyata esaiku mendapatkan juara 2. Benar saja setelah kupantau instagram ternyata betul 😊 Alhamdulillah. Tapi sejatinya, dalam proses pengerjaan esaiku ini pun tidak seluruhnya adalah murni dariku. Let me explain, jadi esaiku berjudul Inovasi Penanganan Sampah di Kota Bandung Pasca Tutupnya TPA Sarimukti. Ide dari esai tersebut adalah bagaimana sih cara menangani sampah yang sudah menggunung di kota bandung. Ide ini terbesit ketika tahun lalu sekitar November – Desember 2022 aku menjadi pengajar tambahan di prodi Teknik Lingkungan Itenas. Disana aku ngajar cara mendesain bentuk TPA (Tempat Pembuangan Akhir Sampah) yang ideal seperti apa. Walaupun secara teoritis aku bahkan tidak tau gimana kriterianya maupun syarat-syarat pembuatan TPA, tapi tetap kupaksakan untuk bisa menjadi pengajar disana. Dan alhamdulillah setelah beberapa kali bertuk

23 Juni - 24 Juni 2013!


23 - 24 Juni 2013 :)
Nge-camp di Pantai Toroyudan.

Okay, ini adalah kegiatan yang diadain temen-temen untuk mengisi waktu kosong, walaupun sebenarnya banyak agenda hari Seninnya. Saya tulis beserta waktunya saja ya..
23 Juni 2013
Jam 13.30 saya berangkat dari rumah bareng Iin yang udah dirumah dari tadi, kumpul dirumah Riko.. sebelumnya beli logistik di Indom*ret.
Jam 14.30 Semua temen udah kumpul 17 orang, alhamdulillah setengah kelas lebih. lalu berdo'a terus berangkat ke Pantai Ngrenehan melalui Panggang.
Jam 15.00 dijalan menuju Panggang, aku liat-liat pemandangan sekitar dan... Aku pengen ngajak kamu Put kapan-kapan kesitu, tapi... ahsudahlah.
Jam 16.00 kami berhenti di Masjid buat menunaikan ibadah shalat Ashar :)
ada anak-anak kecil lagi sepakbola di latarnya, ikut main sebentar deh kita, hehe..
Di perjalanan selanjutnya cukup membingungkan karena membedakan Pantai Ngrenehan dan Ngobaran, yang notabene berdekatan.
Jam 17.15 sampailah di Pantai Ngrenehan, agak random karena gak dapet-dapet tempat yang bisa buat titip motor .. akhirnya dapet juga di satu rumah.
Jam 17.30 mulai jalan lagi yang sebelumnya juga sudah berdo'a bersama (lagi) , sudah mulai gelap kami mulai naik ke bukit buat pindah ke Pantai Toroyudan yang gak bisa dijangkau pake kendaraan. Sempat tersesat gara-gara gelapnya malam dan muter-muter gakjelas ke arah timur laut.. Akhirnya kembali ke pertigaan pertama langsung ke selatan yang ternyataarah yang bener ke Toroyudan. untungnya baru bulan purnama yang ngasih sinar yang lumayan terang.
Jam 19.00 setelah sampai langusng deh bikin dome yang udah dibawa, ribet sihh .. tapi untung udah banyak yang bisasa naik gunung jadi gampang deh. Yang cewek masak mie instan.
jam 20.00 udah bikin api unggun kecil-kecilan yang oke buat gitaran, cerita-cerita, curhat, nyanyi, sam ibadah shalat :)
Selama itu sampai jam 23.00 kegiatan tersebut terus berjalan... kalo diceritakan bisa selesai besok saya ngetiknya .. Karena kondisi masih bulan purnama "SuperMoon" .. maka airpun pasang tinggi, tapi ada yang bikin benteng gitu. Mayoritas yang dilakukan adalah, 1. Rizki (Jambul) ngobrol dengan Shinta berduaaaaaaaaaaaaa terus. 2. Satya, Aziz, Iyan, Inda, Satria, Umi, Iin, Laura, Izna nyanyi-nyanyi deket api unggun. 3. Sevi, Riko, Cho, Ari, Rifqi cerita-cerita di benteng. kalo aku ? aku random dimana-mana karena memang yang kubutuhkan untuk bercerita baru lagi perlu dengan orang lain .. alhasil aku melakukan Nafas Pembersihan yang diajari betako MP dengan harapan supaya bisa bersih dan seger lagi menjalani hari-hari berikutnya :) ..
hingga tengah malam aku banyak bercerita tentang hidup, cinta, sosial bersama Sevi, Cho, Rifqi dan Laura.. mayoritas sih sama Sevira.

Sampai lepas tengah malam sekitar pukul 00.30 24 juni 2013 aku mengambil minuman sodaku lalu mengajak Rizki (Jambul) dan Sevira untuk memulai pembicaraan seriusku. :) .....
Btw, ini adalah pembicaraan yang sangat berguna untukku, aku meminta 2 permintaan kepada mereka berdua yang aku akui dan dapat kupercaya "menjaga" permintaan ku tersebut :)
Aku meminta mereka berdua untuk kelak ....... dan ......... . :)

Setelah selesai, rupanya sudah banyak teman kami yang tidur di dome, dan tenda dari tudung mobil.
Cho, Aku, Sevira, Umi, Jambul, Shinta memutuskan tidur di luar yang lepas pantai.. Aku dan Cho terus bercerita sampai sekitar pukul 02.00 kita semua terlelap.
Jam 05.00 aku terbangun sembari membangunkan yang lain, lalu si Cho merespon cepat dengan .. "Ayo Subuhan" .. Walau jam menunjukkan pukul lima pagi, tapi sinar sudah terang.
Jam 06.00 setelah semua bangun langsung masak mie instan (lagi, yaelah namanya nge'camp, masak nasi goreng juga kelamaan tante-_-) .. Kita makan, selesai makan kita cuss siap-siap menuju pantai selanjutnya untuk berlibur.
Jam 07.30 langsung sampai di Pantai Ngobaran, yang notabene luar biasa keren, berasa kayak di Tanah Lot (kata siapa sih, lupa) .. Ini tempat yang keren buat hunting photo :D ....... dalam hati, "Put, kapan ya kita bisa kesini ?, aku...... "
Niatan mau mandi di pantai ini kami urungkan karena ombak pasang dengan karang yang luar biasa tajam sedang beradu.
Jam 08.30 kami sudah di Pantai Baron, langsung saja yang mau mandi langsung nyemplung .. walaupun ada yang seperti saya gakmau mandi dengan berbagai alasan, mayoritas gakbawa ganti celana dalem -_-.
kami menunggu yang lagi renang sembari berphoto-photo ria...
Selesai jam 10.30 kami langsung rencana pulang.
jam 12.00 kami menuju masjid yang sama seperti kemarin untuk menunaikan ibadah shalat Dzuhur. :)
Jam 13.45 kami sampai dirumah makan Bakso untuk istirahat sejenak sebelum pulang. Sebenarnya mau terusan ke sekolah buat nonton pensi tapi inget soal kejadian yang kemarin bikin kami mengurungkan niat kami nonton :)
Dan jam 15.30 sampai dirumah Riko, sudah banyak yang pulang tapi aku milih istirahat sebentar saja di rumah Riko.. Dan begitulah :)


Sebenarnya ini masih sangat-sangat kasar untuk saya jadikan narasi, post ini masih saya edit-edit lagi nanti beserta photonya dan cerita-ceritanya
.... :)
terimakasih #hap

Komentar

Postingan Populer