Langsung ke konten utama

Unggulan

Latihan Nulis

Malam ini aku duduk di bangku 5E kereta Kutojaya Selatan menuju Kutoarjo. Dalam rangka pulang menuju Jogja ini tetiba muncul notif di Hpku kalau ternyata esaiku mendapatkan juara 2. Benar saja setelah kupantau instagram ternyata betul 😊 Alhamdulillah. Tapi sejatinya, dalam proses pengerjaan esaiku ini pun tidak seluruhnya adalah murni dariku. Let me explain, jadi esaiku berjudul Inovasi Penanganan Sampah di Kota Bandung Pasca Tutupnya TPA Sarimukti. Ide dari esai tersebut adalah bagaimana sih cara menangani sampah yang sudah menggunung di kota bandung. Ide ini terbesit ketika tahun lalu sekitar November – Desember 2022 aku menjadi pengajar tambahan di prodi Teknik Lingkungan Itenas. Disana aku ngajar cara mendesain bentuk TPA (Tempat Pembuangan Akhir Sampah) yang ideal seperti apa. Walaupun secara teoritis aku bahkan tidak tau gimana kriterianya maupun syarat-syarat pembuatan TPA, tapi tetap kupaksakan untuk bisa menjadi pengajar disana. Dan alhamdulillah setelah beberapa kali bertuk

Kenapa aku ngefans?

Beberapa hari yang lalu, aku ngetwit dan bilang kalo aku kangen sama Irsyad. Dia ini adalah salah satu temen kuliahku di Itenas. Yup, dia cowok dan aku kangen maksimal sama dia.. Aneh ya? Kok yang dikangenin cowok, biasanya cewek.. kan ada banyak pilihan lain kayak Rina, Bella, dll. Ini kok Irsyad, hahahaa

Di twit itu pula aku bilang gatau kenapa yang terlintas itu Irsyad. Aku sungguh nggak tau, it is just my gut at the moment.

Karena sepanjang bulan Ramadhan ini aku kerja masuk malam, jadi otakku lebih liar di malam hari.. memikirkan hal-hal yang gak perlu, hal-hal kecil di masa lalu, hal-hal yang mungkin terjadi di masa depan.. semua diolah otakku secara simultan pada tengah malam.. Alhasil alasan kenapa aku kangen Irsyad juga terpikirkan. Dan ternyata, setelah merenung, overthinking dan beberapa cangkir kopi hitam akhirnya aku tau alasannya kenapa aku lebih kangen Irsyad daripada teman-teman yang lain. 

Bee Gees - GooglePic
Irsyad ngefans sama Bee Gees, bagi yang belum tau itu adalah band yang lawaaaaassss banget... Hanya beberapa lagunya yang mungkin pernah kita dengar, aku sendiri cuma familiar dengan satu lagunya dengan judul “I Started a Joke”. Aku tau lagu itu karena nonton Suicide Squad yang pake lagu itu sebagai original soundtrack.


Anyway, aneh... Kenapa aneh? Karena Irsyad bahkan lebih muda 4 tahun dariku. Tapi seleranya jauh lebih jadul daripada seleraku.. JUSTRU ITU!! Aku sangat ngefans dengan orang yang punya “warna” tersendiri (baca tulisan ini Warnamu untuk paham maksud dari “warna” menurutku). Dia ngefans Bee Gees, band masa lalu yang legendaris. At least bagi fansnya. Dia juga mengikuti gaya berpakaian mereka, pakai jaket kulit rockstar, rambut gondrong. WOW!

Itulah momen aku sadar bahwa aku ngefans dengan Irsyad. Karena dia unik. Dia punya warna tersendiri. Tidak terpengaruh oleh teman-temannya yang punya selera lebih muda, tidak terpengaruh oleh zaman yang sekarang sudah ‘melupakan’ genre musik lawas tersebut, dan juga tidak terpengaruh oleh tren musik masa kini.
 
Ya, hidup itu tentang pilihan. SEMUA orang bisa memilih. Tapi apakah setiap orang bisa bertahan dengan SATU pilihan tersebut? Dan tak tergerus dengan perubahan zaman? Trust me, it is hard to do.

Harley Quinn (Suicide Squad) - GooglePic

Makasih Irsyad, kini aku semakin paham apa itu ‘warna’ seseorang, semakin menghargai pilihan yang dibuat oleh orang lain, dan semakin mengerti kenapa aku ngefans.

Komentar

Postingan Populer