Langsung ke konten utama

Unggulan

Latihan Nulis

Malam ini aku duduk di bangku 5E kereta Kutojaya Selatan menuju Kutoarjo. Dalam rangka pulang menuju Jogja ini tetiba muncul notif di Hpku kalau ternyata esaiku mendapatkan juara 2. Benar saja setelah kupantau instagram ternyata betul 😊 Alhamdulillah. Tapi sejatinya, dalam proses pengerjaan esaiku ini pun tidak seluruhnya adalah murni dariku. Let me explain, jadi esaiku berjudul Inovasi Penanganan Sampah di Kota Bandung Pasca Tutupnya TPA Sarimukti. Ide dari esai tersebut adalah bagaimana sih cara menangani sampah yang sudah menggunung di kota bandung. Ide ini terbesit ketika tahun lalu sekitar November – Desember 2022 aku menjadi pengajar tambahan di prodi Teknik Lingkungan Itenas. Disana aku ngajar cara mendesain bentuk TPA (Tempat Pembuangan Akhir Sampah) yang ideal seperti apa. Walaupun secara teoritis aku bahkan tidak tau gimana kriterianya maupun syarat-syarat pembuatan TPA, tapi tetap kupaksakan untuk bisa menjadi pengajar disana. Dan alhamdulillah setelah beberapa kali bertuk

Kesetiaan itu apa




“Mas, gajinya berapa disitu ?”

“Lha 3 sampai gak disitu Jo ?”
“Besok ya, nunggu pengumuman aku kerja disini gimana.. baru aku gabung tempatmu”

Akhir-akhir ini aku dapat banyak pesan semacam diatas, kebetulan kantorku sering butuh bantuan banyak karyawan. Aku juga diminta untuk sharing ke teman-temanku, karena memang dari SMK ku banyak yang dibutuhkan..

Tapi entah kenapa teman-temanku yang aku tahu butuh pekerjaan malah menanggapi nya dengan skeptis seperti diatas.. mungkin, ini mungkin doang. Mungkin karena mereka mayoritas jurusan tambang, makanya gaji rendah mereka pikir-pikir.. soalnya gajinya besar di tambang kemana-mana

Tapi gitukah ? Apa uang harus selalu jadi motivasi ? 

Sini kukasih tahu … Tambang, Kantor tambang, Uang tambang, Mobil tambang, Peralatan tambang dan seluruh serba-serbi nya itu adalah BUKAN milik karyawan. Melainkan milik PERUSAHAAN TAMBANG.

Ketika anda bekerja disana, entah kontrak atau permanen.. suatu saat anda pasti akan keluar dari tempat itu. Apa yang anda bawa ? Tambang, nggak mungkin. Mobilnya, nggak bakal. Peralatannya, pasti dipakai orang lain. Uang ? Itu bukan uang tambang yang kalian bawa. Itu balasan atas jasa anda mengabdi di perusahaan tersebut.

Jadi ketika anda suatu waktu keluar (dan itu pasti, cepat atau lambat) yang anda bawa hanya diri anda.

Kalau mata anda hanya memandang pekerjaan, anda hanya akan disitu-situ aja.

Tetapi, bila mata anda memandang karir. Semua akan berubah.

Ingin tahu bedanya pekerjaan dan karir ? Baca buku Your Job is not Your Career-nya Rene Suhardono.

Kenapa nggak kukasih tahu disini ? Pertama, tujuanku menulis kali ini bukan tentang itu. Kedua, biar anda nggak stuck disini aja. Barangkali nggak percaya sama tulisanku, jadi biar kalian disadarkan buku tersebut.

Anyway, aku punya salah satu teman kerja namanya mas Endri.

Dia juga lulusan SMK yang sama denganku, hanya beda jurusan.. juga beliau lulus tahun 2002. Beliau kerja disini sudah 12 tahun. Bagi anda yang memandang 12 tahun itu sebentar, bayangkan 12 tahun itu sama jumlahnya dengan sekolah dari SD – SMA. Itu bukan waktu yang sebentar.

Beliau dulunya punya kesempatan untuk kerja di PLN (karena jurusan listrik), tapi tak diambil karena tidak cocok dengannya yang bebas dan tak suka diatur perusahaan. Padahal, you know.. gajinya di PLN bisa 11  juta per bulan. Itu 12 tahun lalu. Kalau sekarang pasti….. yah silakan anda bayangkan berapa.

Tapi kenapa dia malah kerja di kantor proyek ( yang proyeknya juga belum tentu ada tiap bulan ) selama 12 tahun ? 

Itu namanya PASSION. Kemauan untuk bekerja sesuai hati nurani.

Sekarang sudah 12 tahun berlalu. Pengalaman dan ilmu beliau bisa saja dipakai untuk bekerja di sembarang pperusahaan besar.. mencari uang 15juta/bulan itu gampang sekali buatnya kalau dia mau.

Tapi dia tidak keluar sampai sekarang …

Apakah motivasinya uang ? Kurasa tidak. 

Selain passion, kurasa itu namanya kesetiaan.

Kalau yang kayak gitu bukan kesetiaan, aku nggak tahu lagi deh definisi kesetiaan itu apa.

Nggak melulu tentang uang

Komentar

Postingan Populer