Langsung ke konten utama

Unggulan

Latihan Nulis

Malam ini aku duduk di bangku 5E kereta Kutojaya Selatan menuju Kutoarjo. Dalam rangka pulang menuju Jogja ini tetiba muncul notif di Hpku kalau ternyata esaiku mendapatkan juara 2. Benar saja setelah kupantau instagram ternyata betul 😊 Alhamdulillah. Tapi sejatinya, dalam proses pengerjaan esaiku ini pun tidak seluruhnya adalah murni dariku. Let me explain, jadi esaiku berjudul Inovasi Penanganan Sampah di Kota Bandung Pasca Tutupnya TPA Sarimukti. Ide dari esai tersebut adalah bagaimana sih cara menangani sampah yang sudah menggunung di kota bandung. Ide ini terbesit ketika tahun lalu sekitar November – Desember 2022 aku menjadi pengajar tambahan di prodi Teknik Lingkungan Itenas. Disana aku ngajar cara mendesain bentuk TPA (Tempat Pembuangan Akhir Sampah) yang ideal seperti apa. Walaupun secara teoritis aku bahkan tidak tau gimana kriterianya maupun syarat-syarat pembuatan TPA, tapi tetap kupaksakan untuk bisa menjadi pengajar disana. Dan alhamdulillah setelah beberapa kali bertuk

Indie Banget sih…

Tanggal 26 Desember 2016 Rizki bilang ke aku, “Kamu indie banget sih, Jo..”

Nggakbisa disalahin sih, karena memang aku suka aneh-aneh. Jadi setahun yang lalu aku masih kerja di Kalsel, waktu itu Januari aku ambil cuti 2 minggu di Jogja. Aku jalan-jalan aja kemana-mana, hehe… maksudya jalan-jalan tu naik motor lho ya. Aku pergi ke pasar malam sama pacar baruku waktu itu, padahal sehari sebelumnya habis nembak cewek dan ditolak. Hahaha, bangsat emang aku tu. Tapi ya gimana ya, diajak jalan mau, diajak makan mau, diajak nonton mau, dibeliin ini itu mau, pas ditembak : Kamu dah tak anggep kakak aku sendiri…

Kan………

Terus jalan ke Prambanan desa sebelah timur yang kepisah kabupaten Klaten. Terus kemana lagi ya… Oiya, pernah dalam sehari aku muterin Merapi.

Hari itu aku putusin buat muterin Gunung Merapi, gunung ter-AKTIF di dunia. Aku putusin lewat rute timur, via Prambanan – Klaten – Boyolali – Ketep – Magelang – Jogja – Prambanan. Gimana ? Asik nggak tuh ?

ASIK BANGET ASLI !!!

TAPI, CUAPEK BUANGET ASLI JUGAAAAAAAA

Ya gimana ya, naik motor sendiri. Ditemenin headset di kuping kanan kiri. Nglewatin jalan-jalan desa gitu.. Daerah Manisrenggo masuk pertigaan Borangan, lanjut ke utara ngikutin jalan sampai Pasar Kembang Kemalang, ke utara lagi sampai Deles Indah.

Anyway, Deles Indah ini obyek wisata alam gitu. Buat ngelihat pemandangan Merapi. Ya mirip-mirip kayak Kaliurang atau Kaliadem kalau di Jogja. Alkisah dulu (diceritain ibuk) tempat itu Cuma hutan belantara, lalu lambat laun jadi tempat wisata… dibikin taman-taman gitu, bertingkat tamannya… Tapi karena erupsi tahun 2010 bikin Deles Indah jadi hutan belantara lagi. Entah terkena wedhus gembel atau apa. Tapi taman itu sudah tinggal bangku-bangkunya saja. Aku cek sendiri setahun yang lalu (red. Januari 2016), tinggal bangku-bangku beton di tengah hutan gitu. Tempat buat kumpul juga cuma ada SATU spot. Itupun depan rumah warga setempat. Belum ada pergerakan dari dinas pariwisata untuk mengembalikan kejayaan dan keindahan Deles Indah.

Desember 2016, aku menyempatkan diri untuk kembali kesana. Karena memang entah kenapa jiwa ini ingin membawaku kesana. Ada apa ya kira-kira ?. Anyway, sekarang sudah ada TIGA spot disana. Paling bawah itu buat outbond, waktu aku kesana kemarin kayaknya ada rombongan pesantren gitu outbond kesana. Spot kedua ya spot yang rumah warga dulu aku kunjungi, masih sama Cuma parkirannya tambah besar. Karena mungkin lonjakan jumlah wisatawan kesana (Alhamdulillah). Yang ke-TIGA !! Ini yang paling asik. SPOT SELFIE. Disini kelihatan betul sudah ada perbaikan dan pengembangan, kayaknya pemuda desa Deles yang ngembangin. Disini banyak tempat-tempat foto gitu. Dikasih banyak tulisan #delesindah … bahagianya diri dan batinku.

Setahun belum ada sudah banyak berkembang. Alhamdulillah. Semoga ke depannya makin berkembang.




Lanjut setahun lalu habis dari Deles Indah aku lanjutin jalan kearah Tegalmulyo dengan harapan sampai ke Boyolali. Tapi gara-gara aku selalu milih jalan ke utara kalau ada persimpangan, aku malah masuk daerah (aku lupa namanya) kayak kebun bunga gitu, banyak bunga warna-warni di kanan dan kiri jalan. Aku lanjutin naik dan…. SUBHANALLAH, kelihatan Gunung Merapi gagah sekali dari sisi ini, diselimuti kabut dingin gitu. Spotnya kece gilak kan ya, ngelihat Merapi + kanan kiri jalan kebun bunga. Aku akan kesana lagi (ada yang mau nemenin ?), entah sekedar menikmati pemandangan atau ngapain. Hehe

Karena salah jalan tadi (tapi bukan total lose sih) aku jadi balik ke Timur… Tanya penjual bensin untuk ke simpang menuju Ketep dimana, akhirnya aku kesana dan sampai di tempat itu. Sempat berhenti beli bakso karena memang sudah jam 2an. Lanjut lagi sampailah di spot yang nggak kalah kece.

IRUNG PETRUK !

Ini sebenernya tikungan naik menuju Ketep, tapi di salah satu tikungannya ada patung Petruk yang hidungnya panjang gitu. Keren gilak, sejarah ada, pemandangan awesome. I am so happy that day.

Lanjut naik sampai di Selo sempat berhenti untuk ibadah shalat Ashar. Dan belok kanan kiri berkali-kali (cek Google Maps deh kalo gak percaya). Sampailah di Ketep. Cuma lewat sih, soalnya mau ngapain juga berhenti disana. Hehehe

Mulai dari situ turun deh sampai ke Magelang, anyway aku bilang turun kayak enteng ya ? Padahal JAUH banget. But okay, sampai Magelang langsung ambil arah Jogja…. Menyusuri jalan Magelang tak terasa sudah masuk Ringroad, aku tak langsung lanjut pulang. Aku mampir ke Mirota Kampus deket UGM dulu buat jajan sama beli-beli perlengkapan mandi gitu (aneh kan? Gakpapa lah, mumpung di Mirota (murah soalnya (deket rumah lebih mahal (dikit sih (anyway kenapa aku jadi ngetik pake kurung-kurung gini sih (kayak rumus excel)))))).

Lalu cuss balik pulang Prambanan. Sampe rumah bokongku udah kayak gakada gitu saking pegel di jalannya. Damn.

Asik banget kan ? Traveler, Touring, Blogging gini.

Rizki ku ceritain gitu malah dibilang “Kamu Indie banget sih…”

Komentar

Postingan Populer