Langsung ke konten utama

Unggulan

Latihan Nulis

Malam ini aku duduk di bangku 5E kereta Kutojaya Selatan menuju Kutoarjo. Dalam rangka pulang menuju Jogja ini tetiba muncul notif di Hpku kalau ternyata esaiku mendapatkan juara 2. Benar saja setelah kupantau instagram ternyata betul 😊 Alhamdulillah. Tapi sejatinya, dalam proses pengerjaan esaiku ini pun tidak seluruhnya adalah murni dariku. Let me explain, jadi esaiku berjudul Inovasi Penanganan Sampah di Kota Bandung Pasca Tutupnya TPA Sarimukti. Ide dari esai tersebut adalah bagaimana sih cara menangani sampah yang sudah menggunung di kota bandung. Ide ini terbesit ketika tahun lalu sekitar November – Desember 2022 aku menjadi pengajar tambahan di prodi Teknik Lingkungan Itenas. Disana aku ngajar cara mendesain bentuk TPA (Tempat Pembuangan Akhir Sampah) yang ideal seperti apa. Walaupun secara teoritis aku bahkan tidak tau gimana kriterianya maupun syarat-syarat pembuatan TPA, tapi tetap kupaksakan untuk bisa menjadi pengajar disana. Dan alhamdulillah setelah beberapa kali bertuk

Dinggo Gong ya… ?


Buka tudung saji siang ini ada apa ya…. Mmmmm kayak biasanya, lauknya ada ikan sama telor, sayur ada jangan kangkung sama apa ini namanya.. Nangka muda kalo nggak salah… Yaudah aku ambil deh nasi + sayur bayem + telor, kasih kecap dikit… Kutaruh piringku berdoa, lalu ketika mau kumakan…. Aku ingat sesuatu….

Hidup prihatin itu merupakan ujian bagai seluruh manusia. Orang Jawa menganggap prihatin itu hal yang perlu untuk mendapatkan kemuliaan di kemudian hari, jadi kesusahan itu hal yang wajar… Banyak orangtua yang mengatakan seperti itu.. Adem coy kalo beliau bicara seperti itu, jadi kita nggak perlu sedih. Soalnya pasti habis itu ada hadiahnya.. hehe

Kerja di perusahaan apa adanya.. Walaupun judulnya pertambangan. Itu tidak selalu makmur sejahtera, kadang juga banyak masalah…. Kerjaan banyak, gaji telat, masih disalahin…. Itu hal yang wajar. Bagi atasan. Entah kenapa ya, kayak udah di-setting pasti ada antagonis (re:boss) yang tidak (mau) mengerti keadaan ataupun kondisi karyawan yang sudah kerja sedemikian rupa. Lagi males ngedumel nih, biarin aja kalik ya.. Karma juga tau jalan kok, hahahaha :’>

Seni Tari Tradisional
Entah kenapa aku ngidam punya istri orang yang pinter seni.. Seni tari, music, karawitan, dan semacamnya…. Entah kenapa, ngidam aja. Mungkin simple sih alesannya, pertama aku nggak kompeten (bahkan nggak bisa blas) di bidang seni. Kedua, biar bisa diajarin seni-seni tadi… Seru kali ya punya pasangan hidup yang bisa saling meningkatkan kualitas masing-masing. Bahasa kerennya Empowering. Gatau ? Googling sana..




Menari dibawah sunset
Bakal keren banget misal kita sekeluarga baru nyore di balkon rumah. Terus sang istri nari gitu, dibelakangnya ada sunset…. Bayangin aja udah keren gilaaaaaa…. Kayak cewek yang nari di videoklip Bondan Fade2Black itu..
Musik juga oke juga, karena sampai sekarang pun aku belajar gitar belum bisa-bisa… Udah kupaksa tiap hari megang gitar kok ya chord progression aja susah.. Kenapa ya… Piano udah pernah diajarin temenku, namanya Robby… Latihan disuruh main musiknya Mozart… Behhhh, modyar seketika. Sehari aja latian, habis itu hilang ingatan… Drum ? Bisa sih ketukannya aja. Variasi nggakbisa, mending klotekanKLOTEKAN… hahaha, iya.. tabuhan meja gitu kan prinsipnya sama kayak drum. Tapi ya segitu-segitu aja… Suling dulu waktu SD kelas 6 bisa, karena buat ujian sih.. hehe, sebatas kodok ngorek aja yang masih inget.
Konser musik ISI Jogja


Seni karawitan ? Ini aku yang sampai sekarang belum pernah nyentuh. Buta sekali kalo tentang karawitan, ya nggaktahu kenapa ya… Suka sih dengerin misal ada kegiatan apa gitu, cuman belum interest buat megang apalagi belajar. Soalnya gimana ya… Keliatan elegan banget karawitan tuh, sedang aku mah apa atuh. Sandal crocs aja yang ori dari pakaianku, hahahaha… WOW banget deh kalo liat pagelaran di sekolahku STM, akan ada waktunya bakalan suka dan belajar karawitan. Situ mau ngajarin kan tapi ? hope so.

Yang selalu seragam dari setiap tabuhan karawitan, entah itu langgam, lagu, atau apapun itu sebutannya… pasti diakhiri dengan suara Gong. Bukan Gambang, bukan Demung, bukan Kendang. 

Pasti gong…. Dooooooooooonnnnnggggggg…..

Entah mengapa ?


Nasi telur
Pagi itu, aku sarapan. Ibuku yang sudah bangun dari pagi itu melihatiku sarapan. Memang kebiasaan di keluarga kecil kami tidak ada keharusan harus makan bersama, ya tidak ada. Beliau melihatiku yang makan ini, lalu bilang… “Nang, endhog e kok ra tok maem to le.. Wegah po ?”, aku jawab “nggo terakhir, soale paling enak to..”. Kemudian beliau bilang, “Dinggo gong ya ?”. Aku yang masih anak SD waktu itu tidak paham apa maksudnya, kuselesaikan makan. Lalu aku berangkat sekolah berjalan kaki.



Dooooooooonnnnnnnnggggggggg
Kembali ke piringku tadi… Ternyata pernahku bercerita kepada ibu tentang situasi kerjaku saat ini, beliau menjawab.. “Prihatin sik yo le, Nang… Kowe ket ndhisik tak titeni, yen maem mesti lawuh e keri. Enak e nggo keri, dadi wis biasa susah sikik to..”, ……….. 









Enak e dinggo gong ya le…”








all pic from Google Images

Komentar

Postingan Populer