Langsung ke konten utama

Unggulan

Latihan Nulis

Malam ini aku duduk di bangku 5E kereta Kutojaya Selatan menuju Kutoarjo. Dalam rangka pulang menuju Jogja ini tetiba muncul notif di Hpku kalau ternyata esaiku mendapatkan juara 2. Benar saja setelah kupantau instagram ternyata betul 😊 Alhamdulillah. Tapi sejatinya, dalam proses pengerjaan esaiku ini pun tidak seluruhnya adalah murni dariku. Let me explain, jadi esaiku berjudul Inovasi Penanganan Sampah di Kota Bandung Pasca Tutupnya TPA Sarimukti. Ide dari esai tersebut adalah bagaimana sih cara menangani sampah yang sudah menggunung di kota bandung. Ide ini terbesit ketika tahun lalu sekitar November – Desember 2022 aku menjadi pengajar tambahan di prodi Teknik Lingkungan Itenas. Disana aku ngajar cara mendesain bentuk TPA (Tempat Pembuangan Akhir Sampah) yang ideal seperti apa. Walaupun secara teoritis aku bahkan tidak tau gimana kriterianya maupun syarat-syarat pembuatan TPA, tapi tetap kupaksakan untuk bisa menjadi pengajar disana. Dan alhamdulillah setelah beberapa kali bertuk

Nuklir itu berkembang

Banyak orang tau bahwa uranium merupakan bahan dari sebuah nuklir. Bom nuklir. Namun selain hal tersebut, tentunya tidak banyak yang tahu bahwa uranium dapat digunakan untuk mengukur umur suatu batuan. Ya. Radiasinya mungkin memiliki efek buruk bagi tubuh manusia, tapi dapat digunakan untuk hal tertentu bila penggunaannya tepat.

***

Semalam aku keluar dengan teman STMku yang kerja di sebuh perusahaan, kebetulan tempat kami bekerja berdekatan. Lalu kuajak dia keluar. Niatku yang jelas hanya untuk ke ATM untuk transfer uang ke orang rumah di Jogja. Jadi kuajak dia dan dia mengiyakan sekaligus dia mau belanja mingguan. Banyak pembicaraan yang kami omongkan, terutama dia dengan perusahaan barunya. Dengan sistem dan budaya dari perusahaannya yang tergolong ‘hebat’. Dia pun bilang ke aku untuk tutup mulut ketika dia bercerita bahwa dia termasuk dalam .... apa ya istilah gampangnya.... Intel aja lah ya... Dia karyawati baru sekaligus intel. Jadi kalau ada operator atau driver atau karyawan yang “nyeleweng”, dia bisa melaporkan ke atasannya untuk ditindak lanjuti. Dia bilang pekerjaannya bagai pisau bermata dua. Dia bisa saja bilang seseorang nyeleweng lalu orang itu kena hukuman ataupun dikeluarkan. Di sisi lain, di luar pekerjaan bisa saja dia bisa bertemu orang itu secara tak sengaja. Dan mungkin dia bisa kena masalah kalau ketahuan dia yang melaporkan orang tersebut.

***

Kembali ke uranium. Uranium sangatlah potensial untuk menghasilkan bahan bakar, tapi sepadan juga dengan resikonya yang bisa memperpendek umur.
Good potential with high risk.

.........................................................................................................................................

Kutemukan hpku yang kecil. Ada orang yang telfon di seberang sana. Tertulis di layar “GP 16 Topex”. Biasanya tidak kuangkat, karena dia biasanya Cuma mau buang bonusan paket telfon. Entah siapa yang dia telfon sebelumnya.

Topex ini nama aslinya Taufiq Andri Setiawan. Facebooknya : Topex Muslimin Sejati gaweane Ngaji. Sumpah...

Dibalik nama fbnya yang menjengkelkan, dia adalah adik kelasku ketika STM dan juga SMP. Dia adalah salah satu sahabat baikku, dan sudah seperti keluargaku. Topex ini anak yang hebat, pintar, baik hati, semangatnya tinggi. But, he keep being humble, kind hearted, easy-going. Sejauh ini dan sepanjang aku melihatnya, aku belum menemukan hal buruk yang menonjol darinya. Entah itu  karena dia menyembunyikannya dengan rapat atau dia tidak mempunyainya.

Well, anyway. Dia sangat dekat denganku. Dia sangat potensial menjadi orang hebat kelak. Aku mengakui semangatnya, maka dari itu aku mendukungnya. Memberi nasihat bila dia minta. Dan mengingatkan bila dia salah jalan. Yah, apa yang bisa kuberikan padanya tidaklah banyak. Sedang yang dia berikan sangatlah banyak. Dari dia aku bisa mengajarkan contoh kepemimpinan yang baik kepada orang lain. Karena kepemimpinan yang langgeng adalah yang memiliki penerus, dan kepemimpinan yang sejati itu bisa memberdayakan (develop). Aku rasa aku berhasil menjadi pemimpin, at least meski cuma 1 orang. Namanya Taufiq Andri Setiawan. Aku sangat bangga. Meski tak banyak yang memikirkan hal tersebut sampai segininya. Tapi aku yakin inilah berkat kepemimpinanku. Dan sebisa mungkin kulimpahkan padanya. Aku tidak tau dia berhasil atau tidak menjadi pemimpin. Dia akan bercerita suatu saat. Hehe..

Dia adalah potensial terbesar yang aku temui dan berkenan aku mengajarkan sesuatu untuknya. Kalau aku mengajarkan good things dia pasti akan menjadikannya great things, tapi misal aku ajarkan bad things... aku takut dia menjadi worse. Just like me.

At least, he is my brother. Lets cheer up, bro *wine*
Keep your spirit on, I’ll always on your side.



Blogpost ini aku buat sebagai kado ulang tahun untuknya. Yang selalu minta namanya masuk ke dalam blogku. Aku membuat ini tanggal 20 Desember 2015. Ini memang bukan tanggal kelahirannya. Tapi ada seseorang yang lahir di tanggal ini yang sama spesialnya di dalam hidupku. Jadi aku rasa fair misal dia aku bandingkan dengan dia.

Happy Birthday.



Komentar

Postingan Populer