Langsung ke konten utama

Unggulan

Latihan Nulis

Malam ini aku duduk di bangku 5E kereta Kutojaya Selatan menuju Kutoarjo. Dalam rangka pulang menuju Jogja ini tetiba muncul notif di Hpku kalau ternyata esaiku mendapatkan juara 2. Benar saja setelah kupantau instagram ternyata betul 😊 Alhamdulillah. Tapi sejatinya, dalam proses pengerjaan esaiku ini pun tidak seluruhnya adalah murni dariku. Let me explain, jadi esaiku berjudul Inovasi Penanganan Sampah di Kota Bandung Pasca Tutupnya TPA Sarimukti. Ide dari esai tersebut adalah bagaimana sih cara menangani sampah yang sudah menggunung di kota bandung. Ide ini terbesit ketika tahun lalu sekitar November – Desember 2022 aku menjadi pengajar tambahan di prodi Teknik Lingkungan Itenas. Disana aku ngajar cara mendesain bentuk TPA (Tempat Pembuangan Akhir Sampah) yang ideal seperti apa. Walaupun secara teoritis aku bahkan tidak tau gimana kriterianya maupun syarat-syarat pembuatan TPA, tapi tetap kupaksakan untuk bisa menjadi pengajar disana. Dan alhamdulillah setelah beberapa kali bertuk

Istilah – istilah dalam tambang bawah tanah




Sumber : Google images "Anatomy Underground Mining"

      - Shaft adalah suatu lubang bukaan vertical atau miring yang menghubungkan tambang bawah tanah dengan permukaan bumi dan berfungsi sebagai jalan pengangkutan karyawan, alat- alat kebutuhan tambang, ventilasi, penirisan dan lain – lain.
-          - Tunnel ( terowongan ) adalah suatu lubang bukaan mendatar atau hampir mendatar yang menembus kedua belah kaki bukit
-          - Adit ( terowongan buntu ) adalah suatu lubang bukaan mendatar atau hampir mendatar menghubungkan tambang bawah tanah dengan permukaan bumi dan Hnya menembus disebelah kaki bukit saja.
-          - Drift adalah suatu lubang bukaan mendatar yang dibuat dekat atau pada endapan bijih dan arahnya sejajar dengan jurus atau dimensi terpanjang dari endapan bijihnya.
-          - Cross cut adalah suatau lubang bukaan mendatar yang menyilang/ memotong jurus endapan bijih.
-          - Level adalah drift atau cross cut atau adit yang dibuat dengan jarak – jarak yang teratur kea rah vertical biasanya diberi nomor – nomor urut secara teratur menurut ketinggiannya dari permukaan laut atau menurut kedalamannya dari permukaan bumi.
-          - Raise adalah suatu lubang bukaan vertical atau agak miring yang dibuat dari level bawah ke level yang diatasnya.
-          - Winze adalah lubang bukaan vertical atau agak miring yang dibuat dari level atas ke level yang di bawahnya.
-          - Blind shaft  adalah suatu raise atau winze yang berfungsi sebagai shaft tetapi tidak menembus sampai ke dalam permukaan.
-          - Stope ( lombong ) adalah suatu tempat atau ruangan pada tambang bawah tanah dimana endapan bijih sedang di tambang tetapi bukan pengalian yang dilakukan selama development.
-          - Sump adalah suatu sumur dangkal untuk menampung air dar mana air kemudian di pompakan kepermukaan bumi.
  - Shaft collar adalah bagian atas dari suatu  shaft yang diperkuat dengan beton kayu atau bamboo ( tiber ). 


Sumber : http://mheea-nck.blogspot.com/2010/06/istilah-istilah-tambang-bawah-tanah.html 

Komentar

Postingan Populer