Langsung ke konten utama

Unggulan

Latihan Nulis

Malam ini aku duduk di bangku 5E kereta Kutojaya Selatan menuju Kutoarjo. Dalam rangka pulang menuju Jogja ini tetiba muncul notif di Hpku kalau ternyata esaiku mendapatkan juara 2. Benar saja setelah kupantau instagram ternyata betul 😊 Alhamdulillah. Tapi sejatinya, dalam proses pengerjaan esaiku ini pun tidak seluruhnya adalah murni dariku. Let me explain, jadi esaiku berjudul Inovasi Penanganan Sampah di Kota Bandung Pasca Tutupnya TPA Sarimukti. Ide dari esai tersebut adalah bagaimana sih cara menangani sampah yang sudah menggunung di kota bandung. Ide ini terbesit ketika tahun lalu sekitar November – Desember 2022 aku menjadi pengajar tambahan di prodi Teknik Lingkungan Itenas. Disana aku ngajar cara mendesain bentuk TPA (Tempat Pembuangan Akhir Sampah) yang ideal seperti apa. Walaupun secara teoritis aku bahkan tidak tau gimana kriterianya maupun syarat-syarat pembuatan TPA, tapi tetap kupaksakan untuk bisa menjadi pengajar disana. Dan alhamdulillah setelah beberapa kali bertuk

12 Januari 2011



Suatu hari si sekolah yaitu hari Rabu 12 Januari 2011, sewaktu pelajaran Ketrampilan Jasa yang diampu Bu Win..  Aku dan Andre Cadyca yang sebangku bercerita tentang cita-cita bila sudah dewasa .. Orang yang duduk di depan kami adalah Retno Utami (Uut), dan Nadia Rahma (nadia, iyye lah) bilang bila sudah dewasa akan membuka kafe cookies .. Menurutku cookis adalah makanan yang enak,tetapi bila salah tempat menjual akan sepi dari pengunjung, maka aku sarankan agar membukanya di depan Ambarrukmo Plaza ..
Uut bilang, "Ah,Wijo tempat itu kan udah banyak kafe, gag asik donk !!"
"Iya juga ya, tapi kan enak disitu kalo nongkrong, banyak anak muda, Ut!", kujawab.
"Tapi kalo di Amplaz juga gag papa sih ut, kan ada mitra bisnis .. Andre buka Angkringan depan kita ya .. biar makin  rame .." Nadia menimpali.
Andre say. "mbahmu kui, gag level amat aku jadi tukang jaga angkringan.."
Aku: "Gag papa lah ndre, kan cuma bercandaan .. lagipula gag terlalu malu-maluin juga jadi tukang jaga angkringan."
"yo, kamu jadi tukang jaga jamban (WC) aja gimana ... "
"Brengsek lu, kayak gag ada yang lebih baik dari jaga jamban ya .. Ya terserah deh ".
di benakku muncul pikiran, gimana ya Andre pake baju batik nawarin nasi kucingnya pada pelanggan .. Mungkin gini ' Kucing-kucing mas ' (bentar-bentar kok malah nawarin kucing ya..)
"Masak aku tukang jaga jamban, enak banget kalian"
"Aku kan juga buka angkringan, kita kan bisa bisnis gini .. Misal pelanggan kita yang udah pada makan kebelet pengen kencing, kan bisa ke tempatmu .."
"Bener juga ya .." Aku kepikiran temenku yang bernama Ari (Nur Rohman) kalo dia jago parkir .. Aku langsung nyeletuk aja "Eh,Ari jadi tukang parkir samping Amplaz aja gimana?, oke kan?".
"Hahhahaaaahahaaaaaahahaaaaaaahahaaaaa ..a.aahaaaaa " temen2 yang pada denger pada ketawa sampai bu Win marah marah ..
Aku ngebayanginya Ari pake baju dinas parkir yangv warnanya oranye,pake peluit warna merah kayak pramuka gitu .. Unik banget . lalu dia teriak teriak "Priiittt .. Priitt .. Kiri .. Kiri .. Kiri .." Asyik deh ..

   Sewaktu istirahat les, aku ditanya Ari "Ngapain tadi pada cekikikan sampe gurunya marah,nong??".
Aku sama Andre semangat bilang "Tadi kami ngebayangin cita-cita kita waktu deewasa, dan kamu kebagian sebagai tukang parkir di Amplaz".
"Wo lha sialan kalian berdua.." gerutunya

Sejak saat itu aku mikir kalo semua pekerjaan itu ada sisi positifnya walopun cuma sebagai tukang parkir ato tukang jaga jamban .. Dan sejak saat itu pula aku selalu diejek kayak gini kalo habis nglewatin WC "Jo, jambanmu itu ditunggu,ntar pada bau lagi". .. Ari lebih parah lagi "Rek, parkiranmu full terus kalo diisi siswa yang sekolah disini terus ..".

Akupun cuma bisa senyum kecut.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer